Senin, 05 Oktober 2009

PROTOTYPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BEBAN KENDARAAN

PROTOTYPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BEBAN KENDARAAN

Oleh
REACH 13 (Research, Education, and Care Human of MAN 13 Jakarta)
Kelompok RETEK (Arif Ardiansyah, Risya Utami, Pramudya Septyandanu)

ABSTRAKSI

Kata kunci : gaya tekan beban kendaraan, energi mekanik, energi listrik, gerak melingkar.

Sering terjadi pemadaman listrik bergilir di beberapa daerah, terutama di daerah kota-kota besar disebabkan oleh pasokan listrik yang berkurang karena mahalnya sumber tenaga listrik tersebut. Selain mahalnya harga bahan pembangkit tenaga listrik, masyarakat juga cenderung sangat boros dalam pemakaian listrik. Jika sedang terjadi pemadaman listrik di beberapa daerah sering muncul masalah, salah satunya masalah lalu lintas. Lampu lalu lintas yang menjadi pengatur lalu lintas di jalan raya mati karena tidak adanya arus listrik yang mengalir. Akibatnya lalu lintas di jalan raya menjadi terhambat karena tidak ada yang mengatur lalu lintas tersebut. Sedangkan di Jakarta banyak sekali warga yang menggunakan kendaraan, seperti mobil yang sebetulnya mempunyai potensi yang dapat digali dan dimanfaatkan untuk menghasilkan energi lain yang lebih berguna yaitu energi listrik. Energi listrik tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sumber energi alternatif dan cadangan energi.
Oleh karena itu, peneliti membuat sebuah alat yang dapat memanfaatkan gaya tekan beban kendaraan yang melintas menjadi energi listrik. Alat yang dibuat oleh peneliti ini menggunakan konsep energi listrik, energi mekanik, gerak melingkar, hukum kekekalan energi, induksi elektromagnetik dan roda gaya.
Setelah peneliti melakukan penelitian, ternyata ada arus listrik yang mengalir setelah alat bekerja. Listrik dapat dimanfaatkan untuk menyalakan lampu yang terpasang pada prototype pembangkit listrik tenaga beban. Arus yang dihasilkan akan lebih besar jika tekanan pada pedal dipercepat dan menghasilkan frekuensi putaran roda yang lebih banyak.
Dapat disimpulkan bahwa, energi kinetik yang dihasilkan oleh kendaraan yang melintas dapat diubah menjadi energi listrik.

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and BMW Cars. Powered by Blogger